Articles

Komitmen Peningkatan Pelayanan dan Keselamatan Penerbangan di Indonesia

13 Jun, 2014

Tangerang, 11 Juni 2014 - Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen dalam rangka peningkatan pelayanan dan keselamatan penerbangan di Indonesia yang sejalan dengan peraturan perundangan nasional maupun internasional, Perum LPPNPI atau yang lebih dikenal dengan sebutan AirNav Indonesia telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang Pelayanan Informasi Meteorologi Penerbangan yang dilaksanakan pada Rabu 11 Juni 2014 di Gedung AirNav Indonesia, Kantor Pusat AirNav Indonesia, Tangerang. Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Ichwanul Idrus selaku Direktur Utama AirNav Indonesia serta Andi Eka Sakya selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.    
 
Pada kesempatan tersebut Kepala BMKG dalam sambutannya menekankan bahwa kedua belah pihak baik BMKG maupun AirNav Indonesia melalui nota kesepahaman ini akan bersinergi secara positif guna memberikan keselamatan, kenyamanan dan efisiensi bagi penerbangan di tanah air. 
 
Sementara Direktur Utama AirNav Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa diperlukan sebuah koordinasi dan kerjasama yang erat diantara AirNav Indonesia dan BMKG sebagai badan pemerintah yang antara lain bertanggung jawab terhadap penyiapan dukungan data cuaca khususnya untuk penerbangan guna bersama-sama mewujudkan keselamatan penerbangan di Indonesia sesuai dengan standar internasional, melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut. 
 
Lebih lanjut Nota Kesepahaman dengan BMKG tersebut merupakan pelaksanaan aspek kerjasama dalam rangka penyelanggaraan pelayanan informasi penerbangan yang melibatkan kedua belah pihak sebagaimana di amanahkan dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan serta regulasi yang terdapat dalam International Civil Aviation Organization (ICAO). 
 
Secara umum bentuk kerjasama antara AirNav Indonesia dan BMKG sebagaimana tertuang dalam nota kesepahaman tersebut meliputi koordinasi terhadap pelayanan informasi meteorologi penerbangan, koordinasi antar unit pelayanan navigasi penerbangan dengan unit pelayanan meteorologi penerbangan, pelatihan dan pengembangan SDM terkait pelayanan informasi meteorologi penerbangan, kalibrasi dan pemeliharaan sarana meteorologi penerbangan serta mekanisme pelaporan/penyetoran terhadap PNBP. Selanjutnya Nota Kesepahaman ini digunakan sebagai payung hukum untuk ditindaklanjuti oleh Kantor Cabang dan Kantor Distrik dalam bentuk perjanjian kerjasama yang lebih detail disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan tiap daerah. (CS)

comments powered by Disqus

Articles

Rekrutmen PKWT Tenaga Programmer
23 Apr 2018

Rekrutmen PKWT Tenaga Programmer

Rekrutmen PKWT Tenaga Programmer
Read More

AirNav Terima Sertifikat CASR 172 AFIS Untuk 28 Cabang
05 Apr 2018

AirNav Terima Sertifikat CASR 172 AFIS Untuk 28 Ca...

TANGERANG – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia menerima sertifikat Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 172 tentang Air Traffic Service Providers untuk 28 Cabang AirNav Indonesia yang masuk ke dalam kategori Aerodrome Flight Information Services (AFIS) dari Kementerian Perhubungan.
Read More

Direksi AirNav Indonesia Motivasi Pelajar Kota Manggis
23 Mar 2018

Direksi AirNav Indonesia Motivasi Pelajar Kota Man...

PATI – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penebangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menginspirasi generasi muda di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, melalui kegiatan AirNav Indonesia Mengajar yang digelar di SMP Negeri 3 Pati
Read More

SAFETY INSPECTOR, SIAPA MEREKA?
09 Mar 2018

SAFETY INSPECTOR, SIAPA MEREKA?

SAFETY INSPECTOR, SIAPA MEREKA?
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More