Articles

AirNav Indonesia Sukses Menjaga Keselamatan, Keamanan & Kenyamanan Angkutan Udara

15 Aug, 2014

          Tangerang, 5 Agustus 2014 – Apresiasi tinggi disampaikan Direktur Utama AirNav Indonesia Ichwanul Idrus, dalam sambutannya kepada seluruh karyawan operasional dan panitia beserta anggota POSKO Monitoring Arus Mudik Lebaran Tahun 2014, yang telah bekerja dengan dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi demi menjaga keselamatan, keteraturan dan kenyamanan angkutan udara selama arus mudik lebaran tahun 2014.

          Sebagai bentuk pelayanan dan jaminan keselamatan dalam navigasi penerbangan selama arus mudik Lebaran 2014, AirNav Indonesia membentuk 27 Posko Pemantauan Penyeleggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan yang dilaksanakan serentak selama 16 hari dari 21 Juli 2014 sampai dengan 5 Agustus 2014, di seluruh kantor cabang dan distrik serta kantor pusat AirNav Indonesia.

          Sejumlah petugas, yang terbagi dalam dua shift pagi, siang dan malam disiagakan untuk bertugas menjaga dan menjamin fasilitas komunikasi, navigasi, surveillance, ATC system (automation) berjalan baik sehingga pelayanan navigasi penerbangan dapat berjalan maksimal selama melayani kepadatan arus lalu lintas penerbangan pada musim mudik Lebaran tahun 2014 ini.

          Tercatat 67.008 total pergerakan pesawat di 26 cabang dan distrik AirNav Indonesia selama 16 hari pada H-7 hinga H+7 setelah Idul Fitri. Petugas Air Traffic Controller kami bekerja maksimal mengatur rata-rata pergerakan pesawat yang mencapai 4188 pergerakan per hari. Jumlah ini naik 15% dari hari-hari sebelum libur lebaran yang hanya 3554 pergerakan per hari, atau terjadi kenaikan sebesar 634 pergerakan per hari. Di cabang Jakarta Air Traffic Services Centre yang menangani pergerakan pesawat di Bandara Soekarno Hatta dan ruang udara bagian barat Indonesia, pergerakan paling tinggi terjadi sebanyak 1.195 pergerakan dalam sehari, dan pergerakan tertinggi dalam satu jam terjadi pada 24 Juli 2014 dengan 77 pergerakan pesawat dalam 1 jam. Dari 67.008 pergerakan pesawat yang dimonitoring, hanya terjadi 237 delay atau hanya sekitar 2,8% sehingga dapat dikatakan keseluruhan operasional berjalan dengan sangat baik dan normal.

          Direktur Utama Ichwanul Idrus beserta seluruh jajaran menyampaikan puji syukur atas peningkatan pelayanan navigasi penerbangan pada arus mudik lebaran tahun 2014 ini. Karena dengan kesuksesan ini, tidak ada keluhan dari maskapai penerbangan maupun masyarakat terhadap delay seperti tahun-tahun sebelumnya. Kesuksesan ini pun tak lepas juga dari dukungan dan kerjasama seluruh stakeholder penerbangan dengan berdisiplin dan mengikuti program peningkatan pelayanan navigasi penerbangan yang dilakukan AirNav Indonesia baru-baru ini, yakni IRC 72.

          Apresiasi dan ucapan terimakasih datang dari beberapa operator Airlines atas posko monitoring arus mudik lebaran tahun 2014, yang telah bekerja dengan dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi demi menjaga keselamatan, keteraturan dan kenyamanan angkutan udara selama arus mudik lebaran tahun 2014, serta Organisasi Pilot yang menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelayanan navigasi penerbangan yang efektif dan efesien mendukung on time performance operasional pilot.

          Kesuksesan ini menjadi lecutan bagi manajemen dan seluruh karyawan AirNav Indonesia untuk terus meningkatkan pelayanan pada tahun-tahun mendatang.

comments powered by Disqus

Articles

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU dengan KOHANUDNAS
13 Feb 2018

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama mengenai koordinasi pertukaran data dan informasi penerbangan serta penegakan hukum di wilayah udara Indonesia dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS)
Read More

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYSTEM, SEBUAH PELAJARAN DARI PROCESS SAFETY *
09 Feb 2018

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYST...

Sahabat ISAFE, pernahkah kita mengukur berapa sih ongkos atau dampak dari suatu ketidak-cakapan bekerja atau professional incompetence yang akan diderita publik dan pelanggan, perusahaan atau bahkan diri kita sendiri? Kali ini kita akan mendiskusikan apa yang dimaksud dengan kecakapan dan ketidak cakapan, baik bagi individu dan juga perusahaan dan bagaimana pengelolaannya untuk membantu mencapai aspek keselamatan yang tinggi di industri yang rentan atas safety risk.
Read More

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA MUSTI TETAP WASPADA!
30 Jan 2018

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA M...

Dear sahabats ISAFE… bicara tentang aspek Safety tentu saja bukanlah konsumsi industry penerbangan, atau perhubungan saja. Kali ini kita akan membahas bagaimana aspek safety dikelola di industri non penerbangan.
Read More

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisasi Jalur Penerbangan Selatan Jawa
29 Jan 2018

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisas...

TASIKMALAYA - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia mendukung program pemerintah dalam mengoptimalkan bandara-bandara di jalur selatan Jawa.
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More