Articles

AirNav Indonesia Sukses Menjaga Keselamatan, Keamanan & Kenyamanan Angkutan Udara

15 Aug, 2014

          Tangerang, 5 Agustus 2014 – Apresiasi tinggi disampaikan Direktur Utama AirNav Indonesia Ichwanul Idrus, dalam sambutannya kepada seluruh karyawan operasional dan panitia beserta anggota POSKO Monitoring Arus Mudik Lebaran Tahun 2014, yang telah bekerja dengan dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi demi menjaga keselamatan, keteraturan dan kenyamanan angkutan udara selama arus mudik lebaran tahun 2014.

          Sebagai bentuk pelayanan dan jaminan keselamatan dalam navigasi penerbangan selama arus mudik Lebaran 2014, AirNav Indonesia membentuk 27 Posko Pemantauan Penyeleggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan yang dilaksanakan serentak selama 16 hari dari 21 Juli 2014 sampai dengan 5 Agustus 2014, di seluruh kantor cabang dan distrik serta kantor pusat AirNav Indonesia.

          Sejumlah petugas, yang terbagi dalam dua shift pagi, siang dan malam disiagakan untuk bertugas menjaga dan menjamin fasilitas komunikasi, navigasi, surveillance, ATC system (automation) berjalan baik sehingga pelayanan navigasi penerbangan dapat berjalan maksimal selama melayani kepadatan arus lalu lintas penerbangan pada musim mudik Lebaran tahun 2014 ini.

          Tercatat 67.008 total pergerakan pesawat di 26 cabang dan distrik AirNav Indonesia selama 16 hari pada H-7 hinga H+7 setelah Idul Fitri. Petugas Air Traffic Controller kami bekerja maksimal mengatur rata-rata pergerakan pesawat yang mencapai 4188 pergerakan per hari. Jumlah ini naik 15% dari hari-hari sebelum libur lebaran yang hanya 3554 pergerakan per hari, atau terjadi kenaikan sebesar 634 pergerakan per hari. Di cabang Jakarta Air Traffic Services Centre yang menangani pergerakan pesawat di Bandara Soekarno Hatta dan ruang udara bagian barat Indonesia, pergerakan paling tinggi terjadi sebanyak 1.195 pergerakan dalam sehari, dan pergerakan tertinggi dalam satu jam terjadi pada 24 Juli 2014 dengan 77 pergerakan pesawat dalam 1 jam. Dari 67.008 pergerakan pesawat yang dimonitoring, hanya terjadi 237 delay atau hanya sekitar 2,8% sehingga dapat dikatakan keseluruhan operasional berjalan dengan sangat baik dan normal.

          Direktur Utama Ichwanul Idrus beserta seluruh jajaran menyampaikan puji syukur atas peningkatan pelayanan navigasi penerbangan pada arus mudik lebaran tahun 2014 ini. Karena dengan kesuksesan ini, tidak ada keluhan dari maskapai penerbangan maupun masyarakat terhadap delay seperti tahun-tahun sebelumnya. Kesuksesan ini pun tak lepas juga dari dukungan dan kerjasama seluruh stakeholder penerbangan dengan berdisiplin dan mengikuti program peningkatan pelayanan navigasi penerbangan yang dilakukan AirNav Indonesia baru-baru ini, yakni IRC 72.

          Apresiasi dan ucapan terimakasih datang dari beberapa operator Airlines atas posko monitoring arus mudik lebaran tahun 2014, yang telah bekerja dengan dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi demi menjaga keselamatan, keteraturan dan kenyamanan angkutan udara selama arus mudik lebaran tahun 2014, serta Organisasi Pilot yang menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelayanan navigasi penerbangan yang efektif dan efesien mendukung on time performance operasional pilot.

          Kesuksesan ini menjadi lecutan bagi manajemen dan seluruh karyawan AirNav Indonesia untuk terus meningkatkan pelayanan pada tahun-tahun mendatang.

comments powered by Disqus

Articles

Evaluasi Good Corporate Governance, BPKP Lakukan Asesmen Performa AirNav Indonesia
23 Mar 2017

Evaluasi Good Corporate Governance, BPKP Lakukan A...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) melakukan evaluasi terhadap performa good corporate governance pada tahun 2016
Read More

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Teknisi Penerbangan Perum LPPNPI Tahun 2017
20 Mar 2017

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Tek...

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Teknisi Penerbangan Perum LPPNPI Tahun 2017
Read More

AirNav Indonesia Hadir untuk Negeri di Banjarmasin
17 Mar 2017

AirNav Indonesia Hadir untuk Negeri di Banjarmasin

Masih dalam satu rangkaian Program BUMN Hadir untuk Negeri dimana AirNav Indonesia mendapatkan kehormatan dan dipercaya oleh Kementerian BUMN menjadi PIC kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Selatan,
Read More

Teknologi ADS-B untuk Keselamatan & Efisiensi Penerbangan yang Lebih Baik
16 Mar 2017

Teknologi ADS-B untuk Keselamatan & Efisiensi Pene...

Bertempat di Kantor Pusat Perum LPPNPI pada Kamis pagi (15/03), AirNav Indonesia berkesempatan memberikan paparan terkait penggunaan ADS-B (Automatic Dependent Surveillance -Broadcast) sebagai salah satu alat navigasi yang digunakan di dunia penerbangan internasional.
Read More

News

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gandeng LKPP
14 Apr 2016

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gan...

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk melakukan modernisasi sistem pengadaan barang/jasa.
Read More

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More