Articles

Rapat Dengar Pendapat Komisi V

26 Jan, 2015

Jakarta, 13 Januari 2015, Komisi V DPR RI yang membidangi transportasi melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna membicarakan Perkembangan Penanganan Kecelakaan Pesawat Indonesia Air Asia QZ 8501 yang terjadi pada tanggal 28 Desember 2014.

Rapat tersebut, dihadiri pejabat dari Kementerian Perhubungan, Kepala Badan SAR Nasional, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Direktur Safety dan Standar Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI), Direktur Utama PT.Angkasa Pura I, Ketua Indonesia Slot Coordinator (IDSC), dan Direktur Utama PT.Indonesia Air Asia.

Sedianya Direktur Utama Perum LPPNPI hadir dalam acara ini, namun dikarenakan mendadak mendampingi kegiatan Menteri Perhubungan di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah maka diwakilkan kepada Direktur Safety dan Standar Perum LPPNPI.

Rapat dengar pendapat yang diketuai Fary Djemi Francis Komisi V menegaskan, DPR memerlukan informasi yang lebih komprehensif dari Pemerintah mengenai perkembangan dan penanganannya.

Dalam rapat tersebut Direktur Safety & Standard, Wisnu Darjono menyampaikan paparan mengenai kronologi hilangnya Air Asia – QZ8501 PK AXC. Dalam paparan yang disampaikan ada beberapa hal penting mengenai kronologi kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501 serta upaya yang dilakukan ATC dengan meminta bantuan pesawat yang sedang terbang di sekitar posisi QZ 8501 hingga berkoordinasi dengan internal maupun pihak – pihak terkait yang selanjutnya menyatakan status emergency INCERFA, ALERFA dan DETRESFA.

Kondisi pendukung pelayanan navigasi penerbangan baik SDM maupun fasilitas komunikasi, navigasi, surveillance dan fasilitas automation dalam kondisi yang dipersyaratkan dan beroperasi normal.

Kesimpulan dari rapat ini Komisi V DPR RI mendesak kepada semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan angkutan udara untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pelaksanaan ketentuan peraturan perundangan-undangan guna memberikan jaminan keselamatan penerbangan.

comments powered by Disqus

Articles

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU dengan KOHANUDNAS
13 Feb 2018

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama mengenai koordinasi pertukaran data dan informasi penerbangan serta penegakan hukum di wilayah udara Indonesia dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS)
Read More

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYSTEM, SEBUAH PELAJARAN DARI PROCESS SAFETY *
09 Feb 2018

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYST...

Sahabat ISAFE, pernahkah kita mengukur berapa sih ongkos atau dampak dari suatu ketidak-cakapan bekerja atau professional incompetence yang akan diderita publik dan pelanggan, perusahaan atau bahkan diri kita sendiri? Kali ini kita akan mendiskusikan apa yang dimaksud dengan kecakapan dan ketidak cakapan, baik bagi individu dan juga perusahaan dan bagaimana pengelolaannya untuk membantu mencapai aspek keselamatan yang tinggi di industri yang rentan atas safety risk.
Read More

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA MUSTI TETAP WASPADA!
30 Jan 2018

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA M...

Dear sahabats ISAFE… bicara tentang aspek Safety tentu saja bukanlah konsumsi industry penerbangan, atau perhubungan saja. Kali ini kita akan membahas bagaimana aspek safety dikelola di industri non penerbangan.
Read More

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisasi Jalur Penerbangan Selatan Jawa
29 Jan 2018

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisas...

TASIKMALAYA - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia mendukung program pemerintah dalam mengoptimalkan bandara-bandara di jalur selatan Jawa.
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More