Articles

AirNav Indonesia Perkuat Kerjasama Dengan TNI-AU

11 Mar, 2015

Jakarta – Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau yang dikenal juga dengan AirNav Indonesia kembali perkuat kerjasama dengan institusi lain. Sejak berdirinya kurang lebih 2 tahun silam perusahaan yang melayani navigasi penerbangan di Indonesia ini sekurangnya telah melakukan berbagai kerjasama dengan melakukan penandatanganan berbagai nota kesepahaman maupun perjanjian kerjasama dengan berbagai institusi antara lain dengan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, BPPT, PT. Angkasa Pura I (Persero), PT. Angkasa Pura II (Persero), BMKG, dan BASARNAS.

Melalui komitmen untuk terus memperkuat aspek pelayanan dalam rangka keselamatan penerbangan, pada tanggal 10 Maret 2015 bertempat di Halim Perdana Kusuma, AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dengan TNI Angkatan Udara tentang Pelayanan Navigasi Penerbangan. Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Utama AirNav Indonesia Bambang Tjahjono dengan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Ida Bagus Anom M., S.E.

Dalam sambutannya Direktur Utama Perum LPPNPI menekankan bahwa kerjasama dengan TNI Angkatan Udara merupakan salah satu hal penting dalam rangka penyelenggaraan pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia.

Sementara itu Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara dalam sambutannya menyatakan bahwa dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, maka diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik dan harmonis yang didukung dengan piranti lunak berupa Nota Kesepahaman sebagai payung hukum dalam pelaksanaannya.

Sebelum adanya nota kesepahaman ini kerjasama AirNav Indonesia dengan TNI Angkatan Udara sudah berlangsung dengan menggunakan Kesepakatan Bersama antara TNI Angkatan Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, PT. Angkasa Pura I (Persero), dan PT. Angkasa Pura II (Persero) tentang Pengaturan Penggunaan Bersama Pangkalan Udara dan Bandar Udara sebagai dasar pelaksanaanya. Oleh karenanya dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2012 tentang Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia, AirNav Indonesia sebagai entitas, membuat nota kesepahaman tersendiri dengan TNI Angkatan Udara yang khusus mengatur mengenai pelayanan navigasi penerbangan.

Sebagai informasi singkat dapat disampaikan bahwa kerjasama yang dibuat oleh AirNav Indonesia dengan TNI Angkatan Udara dikarenakan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Tugas TNI Angkatan Udara adalah melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional. Sementara sesuai PP 77/2012 AirNav Indonesia memiliki tugas melayani navigasi penerbangan di Indonesia. Sehingga dalam pelaksanaan tugas pokok masing-masing baik AirNav Indonesia maupun TNI Angkatan Udara, maka diperlukan suatu bentuk kerjasama untuk memperkuat pelayanan penerbangan sipil di Indonesia yang bersinergi dengan aspek pertahanan dan keamanan nasional.

Nota Kesepahaman ini dibuat dengan mempertimbangkan telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia tentang Bantuan TNI Kepada Kementerian Perhubungan oleh Panglima TNI dengan Menteri Perhubungan serta bertujuan agar pihak AirNav Indonesia maupun TNI Angkatan Udara secara bersama-sama memberikan pelayanan navigasi penerbangan dengan mengutamakan keselamatan penerbangan dan pertahanan keamanan nasional dengan ruang lingkup yang antara lain meliputi Operasi Penerbangan. Selanjutnya Nota Kesepahaman ini akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang lebih detail/rinci.

comments powered by Disqus

Articles

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU dengan KOHANUDNAS
13 Feb 2018

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama mengenai koordinasi pertukaran data dan informasi penerbangan serta penegakan hukum di wilayah udara Indonesia dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS)
Read More

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYSTEM, SEBUAH PELAJARAN DARI PROCESS SAFETY *
09 Feb 2018

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYST...

Sahabat ISAFE, pernahkah kita mengukur berapa sih ongkos atau dampak dari suatu ketidak-cakapan bekerja atau professional incompetence yang akan diderita publik dan pelanggan, perusahaan atau bahkan diri kita sendiri? Kali ini kita akan mendiskusikan apa yang dimaksud dengan kecakapan dan ketidak cakapan, baik bagi individu dan juga perusahaan dan bagaimana pengelolaannya untuk membantu mencapai aspek keselamatan yang tinggi di industri yang rentan atas safety risk.
Read More

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA MUSTI TETAP WASPADA!
30 Jan 2018

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA M...

Dear sahabats ISAFE… bicara tentang aspek Safety tentu saja bukanlah konsumsi industry penerbangan, atau perhubungan saja. Kali ini kita akan membahas bagaimana aspek safety dikelola di industri non penerbangan.
Read More

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisasi Jalur Penerbangan Selatan Jawa
29 Jan 2018

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisas...

TASIKMALAYA - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia mendukung program pemerintah dalam mengoptimalkan bandara-bandara di jalur selatan Jawa.
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More