Articles

Percepat Modernisasi Pelayanan Navigasi Penerbangan, AirNav Indonesia Gandeng MITRE

07 Oct, 2015

Jakarta, 6 Oktober 2015 - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan konsultan asal Amerika Serikat, The MITRE Corporation di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (6/10). Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama Airnav Indonesia, Bambang Tjahjono dan International Director of The MITRE Corporation, Gregg A. Leone serta disaksikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake.

Melalui kerjasama ini, The MITRE Corporation akan memberikan dukungan teknis dalam Program Modernisasi Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Indonesia Modernization of Air Navigation Services/IMANS) yang dicanangkan oleh Airnav Indonesia. Selain itu, MITRE juga akan memberikan konsultasi dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. “MITRE akan menjadi konsultan kita dalam melakukan modernisasi pelayanan navigasi secara keseluruhan,” ujar Bambang Tjahjono usai penandatanganan perjanjian kerjasama.

Bambang menyatakan, kerjasama AirNav dan MITRE meliputi kegiatan di bidang Keselamatan dan Keamanan Penerbangan, Modernisasi Sistem Navigasi Penerbangan, Pengembangan dan Peningkatan Pelayanan Dukungan Penerbangan dan Analisa Kapasitas, Pengembangan dan Perencanaan Ruang Udara dan Bandar Udara. Kerjasama ini berdurasi lima tahun dan apabila diperlukan dapat diperpanjang untuk lima tahun berikutnya (periode kedua). Nilai kontrak kerjasama ini untuk tahap pertama sebesar US$2,3 juta.

Sebagaimana diketahui, AirNav melakukan program modernisasi alat navigasi penerbangan di Indonesia yang diberi nama IMANS. Program ini diluncurkan untuk meningkatkan sistem navigasi penerbangan di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki 237 bandara dan ruang udara yang luas. AirNav ingin meningkatkan kualitas layanan navigasi, baik dari segi alat maupun kualitas sumber daya manusia.
AirNav berkeyakinan, melalui kerjasama dengan MITRE dan program IMANS, dapat meningkatkan kualitas layanan navigasi penerbangan yang sekaligus meningkatkan keselamatan, keamanan dan efisiensi dunia penerbangan nasional.

Bambang menyampaikan, kerjasama ini bermula dari ditandatanganinya MoU antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah America Serikat tenting pendirian Kelompok Kerja Penerbangan AS-Indonesia (The US-Indonesia Aviation Working Group) pada 22 April 2015 lalu. MoU tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan MoU antara Airnav dan MITRE pada 9 Juni 2015 lalu di Kediaman Duta Besar Amerika Serikat.
Sementara itu, Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert Blake menyatakan, MITRE bekerja sama dengan regulator penerbangan sipil Amerika Serikat atau US Federal Aviation Administration (FAA) serta industri penerbangan untuk mengembangkan sistem, prosedur dan teknologi baru guna membantu penerbangan AS dalam mengatasi tantangan sekarang ini maupun di masa depan. “Kami sangat gembira bahwa melalui kesepakatan kemitraan yang baru ini, MITRE akan bekerjasama dengan Airnav untuk mendukung kebutuhan sektor penerbangan di Indonesia yang kini tengah berkembang,” pungkasnya.

Tentang AirNav Indonesia
Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan.

Tentang The MITRE Corporation
The MITRE Corporation merupakan lembaga non-profit yang menjalankan pusat penelitian dan pengembangan dengan disponsori oleh pemerintah federal. MITRE berdomisili di Commonwealth of Virginia, USA.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Corporate Secretary Perum LPPNPI
Telepon : 021-5591 5000
Fax      : 021-5591 5100
 

comments powered by Disqus

Articles

AirNav Indonesia Tanda Tangani Mou Layanan Navigasi Penerbangan Bandara Jenderal Soedirman
21 Nov 2017

AirNav Indonesia Tanda Tangani Mou Layanan Navigas...

JAKARTA – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI/AirNav Indonesia) bersama sejumlah pihak menandatangani nota kesepahaman mengenai pengelolaan dan pengembangan Bandara Jenderal Soedirman, Purbalingga, pada Jum’at (17/11). Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto menandatangani nota kesepahaman tersebut bersama dengan para stakeholder yakni Asisten Logistik KSAU Marsekal Muda TNI, Yadi Husyadi, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga Tasdi.
Read More

Airnav-Pelindo I Inspirasi Generasi Muda di Pekanbaru
30 Oct 2017

Airnav-Pelindo I Inspirasi Generasi Muda di Pekanb...

PEKANBARU – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan (Perum LPPNPI/AirNav Indonesia) dan PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) berhasil menginspirasi ratusan generasi muda potensial melalui program BUMN Hadir di Kampus pada Sabtu (28/10) bertempat di Universitas Riau, Pekanbaru.
Read More

Tingkatkan Layanan Navigasi Penerbangan di Bandara Enclave, AirNav-TNI AU Lakukan Sosialisasi
30 Oct 2017

Tingkatkan Layanan Navigasi Penerbangan di Bandara...

YOGYAKARTA – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan (Perum LPPNPI/AirNav Indonesia) bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) melaksanakan sosialisasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara AirNav Indonesia dengan TNI AU di Yogyakarta pada hari ini (26/10).
Read More

News

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gandeng LKPP
14 Apr 2016

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gan...

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk melakukan modernisasi sistem pengadaan barang/jasa.
Read More

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More