Articles

Serahkan Bantuan, AirNav Indonesia Kampanyekan ”I Love Cisadane”

31 Dec, 2015

TANGERANG – Tahun 2015 yang hanya tersisa beberapa hari lagi, tak menghalangi niat Perum Lembaga Penyelenggaran Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia untuk menggelar aksi sosial sebagai bentuk implementasi tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan.

Aksi yang digelar BUMN penyelenggara navigasi udara itu terbilang unik. Bertempat di bantaran Sungai Cisadane, Panunggangan Barat, Cibodas, Kota Tangerang, Banten, sejumlah direksi beserta pegawai berbaur bersama masyarakat dan aktivis lingkungan secara kompak melakukan penanaman pohon di tepian sungai bersejarah tersebut

Mendampingi jajaran Direksi AirNav, para petinggi Pemerintah Kota Tangerang beserta jajaran Muspida Kota Tangerang juga turut hadir dalam aksi yang digelar mulai pukul 09.00 WIB tersebut. Antara lain Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Nurhadi, Camat Cibodas, Kota Tangerang Boyke Ahmad Syafei, hingga Lurah Panunggangan Barat. Tak ketinggalan, para budayawan Banten, pegiat lingkungan Kota dan Kabupaten Tangerang serta belasan tokoh masyarakat juga ikut serta meramaikan acara penyerahan bantuan sekaligus aksi kampanye ”I Love Cisadane” tersebut.

Direktur Keuangan AirNav Indonesia, Triyana, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Bina Lingkungan AirNav Indonesia tahun 2015. Selain menjadi bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial, program ini juga menjadi representasi kepatuhan kepatuhan Perum LPPNPI sebagai Badan Usaha Milik Negara.

”Setiap BUMN diwajibkan menyisihkan laba bersihnya untuk melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) guna membantu masyarakat, baik melalui pemberdayaan ekonomi, bantuan pendidikan, kesehatan, pelestarian alam, dan lain sebagainya,” ungkap Triyana yang juga didampingi Direktur Personalia dan Umum AirNav, Rahardi Sulistio.

Pada 2015, dana hasil penyisihan laba tersebut dialokasikan untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui Program Kemitraan kepada UKM-UKM yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Sementara melalui Program Bina Lingkungan, penyaluran yang dilakukan meliputi Program Sunatan Massal, Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Pembangunan Sarana Air Bersih dan MCK (Waterwell). Termasuk pula di antaranya program Peningkatan Aksesibilitas di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang, pengadaan fasilitas dan sarana pendidikan tingkat PAUD, perbaikan rumah ibadah, serta Pelestarian dan Rehabilitasi Sungai Cisadane yang diimplementasikan melalui kegiatan penanaman pohon dan bantuan pengadaan kapal patroli penyisir sampah.

”Semoga apa yang akan kita lakukan hari ini dapat memberikan arti bagi Cisadane di kemudian hari. Karena kami melihat, Sungai Cisadane yang memiliki historikal sangat kuat bagi masyarakat di Provinsi Banten tengah membutuhkan perhatian. Alangkah kurang elok jika Cisadane yang masih setia memberikan kontribusinya hingga saat ini, tetapi perlakuan kita bertolak belakang. Terima kasih kepada para aktivis lingkungan yang membantu mengingatkan kami tentang Cisadane,” imbuh Triyana.

Triyana menambahkan, pelaksanaan program-program bantuan yang telah disebutkannya itu akan secara konsisten dilakukan AirNav Indonesia di tahun-tahun mendatang. ”Untuk tahun depan, insya Allah alokasi anggaran untuk pemberdayaan masyarakat dan lingkungan ini kami tambahkan, sehingga cakupan pelaksanaan program ini dapat kami perluas lagi,” lanjut Triyana.

Untuk diketahui, AirNav Indonesia adalah penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan yang mengatur pergerakan lalu lintas pesawat udara komersial di seluruh ruang udara nasional melalui 273 kantor pelayanan navigasi di seluruh penjuru Indonesia. AirNav diharapkan tidak hanya mampu menjaga keselamatan penerbangan sesuai tugas dan fungsinya. Akan tetapi juga dapat bersinergi dengan masyarakat dalam mewujudkan keselamatan penerbangan.

”Kami yakin dan percaya, dengan melihat apa yang terjadi di pagi hari ini, yaitu tingginya antusiasme masyarakat dalam mendukung kegiatan yang kami selenggarakan, maka cita-cita tersebut optimistis dapat tercapai,” lanjut Triyana. (*)

comments powered by Disqus

Articles

Evaluasi Good Corporate Governance, BPKP Lakukan Asesmen Performa AirNav Indonesia
23 Mar 2017

Evaluasi Good Corporate Governance, BPKP Lakukan A...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) melakukan evaluasi terhadap performa good corporate governance pada tahun 2016
Read More

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Teknisi Penerbangan Perum LPPNPI Tahun 2017
20 Mar 2017

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Tek...

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Teknisi Penerbangan Perum LPPNPI Tahun 2017
Read More

AirNav Indonesia Hadir untuk Negeri di Banjarmasin
17 Mar 2017

AirNav Indonesia Hadir untuk Negeri di Banjarmasin

Masih dalam satu rangkaian Program BUMN Hadir untuk Negeri dimana AirNav Indonesia mendapatkan kehormatan dan dipercaya oleh Kementerian BUMN menjadi PIC kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Selatan,
Read More

Teknologi ADS-B untuk Keselamatan & Efisiensi Penerbangan yang Lebih Baik
16 Mar 2017

Teknologi ADS-B untuk Keselamatan & Efisiensi Pene...

Bertempat di Kantor Pusat Perum LPPNPI pada Kamis pagi (15/03), AirNav Indonesia berkesempatan memberikan paparan terkait penggunaan ADS-B (Automatic Dependent Surveillance -Broadcast) sebagai salah satu alat navigasi yang digunakan di dunia penerbangan internasional.
Read More

News

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gandeng LKPP
14 Apr 2016

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gan...

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk melakukan modernisasi sistem pengadaan barang/jasa.
Read More

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More