Articles

AirNav Indonesia Luncurkan Buku “Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia”

24 Feb, 2016

Jakarta – Terbentuknya Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia merupakan tonggak baru sejarah dunia penerbangan nasional. Dengan berdirinya AirNav Indonesia, Indonesia memiliki single provider di bidang navigasi penerbangan. Dengan single provider ini juga pelayanan navigasi penerbangan lebih terkoordinir dengan standar layanan yang sama sesuai yang ditetapkan oleh institusi internasional. Meski sudah berdiri hampir 4 Tahun, namun belum banyak masyarakat yang memahami peranan penting Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia. Atas dasar itu, untuk memperkenalkan pentingnya peranan pelayanan navigasi penerbangan kepada masyarakat, Perum LPPNPI menerbitkan buku tentang dunia navigasi penerbangan nasional.
Buku berjudul ‘Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia’ tersebut diluncurkan Jumat (19/2) di Bonobo Bar & Grill, Jakarta.  “Buku tentang dunia penerbangan meski masih minim, sudah ada beberapa dan bisa ditemukan. Akan tetapi, buku yang secara spesifik membahas tentang navigasi penerbangan masih sulit ditemukan. Karena itu kami meluncurkan buku ini agar dapat menjadi referensi bagi kalangan penerbangan dan juga masyarakat umum,” tutur Direktur Utama AirNav Indonesia Bambang Tjahjono dalam peluncuran buku.

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono menambahkan, buku setebal 278 ini meceritakan tentang sejarah dunia penerbangan di Indonesia, pelayanan navigasi penerbangan, dan pengelolaan keselamatan pelayanan navigasi penerbangan secara spesifik untuk mengenal-kan kepada masyarakat luas berbagai hal terkait dengan tata kelola ruang udara dan seluk beluk pengaturan lalu lintas penerbangan di udara Indonesia. “Buku ini juga akan membahas isu-isu strategis pelayanan navigasi penerbangan mulai dari tantangan, permasalahan, pertumbuhan, perkembangannya, sampai wilayah kedaulatan udara dan ruang udara di Indonesia,” paparnya.
Selain buku tersebut, dalam kesempatan sama juga diluncurkan dua buku lainnya yakni ‘Sejarah Bandar Udara di Indonesia dari Masa ke Masa’ dan ‘Sejarah Bandar Udara Wamena’. Buku Sejarah Bandar Udara di Indonesia dari Masa ke Masa menceritakan tentang Bandar Udara di In-donesia berikut sejarah dan perkembangnnya secara lengkap. “Negara kita merupakan negara kepulauan dan punya ratusan bandara dengan ragam sejarahnya sendiri. Itu belum banyak diketahui masyarakat. Buku ini berkisah tentang sejarah bandar sejak zaman Belanda sampai bandara-bandara yang dibangun pasca reformasi,” tutur Bambang Tjahjono yang pernah menjabat Direktur Kebandarudaraan dan Plt Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tersebut.

Sementara buku Sejarah Bandara Udara Wamena mengisahkan tentang perubahan wajah Bandara Wamena hingga menjadi bandara kebanggaan masyarakat Papua dan mendapat pujian dari banyak kalangan. “Ada tujuh kabupaten yang ‘menggantungkan’ hidupnya dari Bandara Wamena, akrena transportasi udara merupakan satu-satunya akses di kawasan Pegunungan Tengah Papua. Namun kondisi bandara memprihatinkan setelah peristiwa kebakaran. Pemerintah akhirnya membangun terminal baru dan menjadi kebanggan masyarakat setempat,” tutur Direktur Teknik Lukman F Laisa yang sebelumnya menjabat Kepala Bandar Udara Wamena.

Tentang AirNav Indonesia
Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan. AirNav Indonesia mengelola seluruh ruang udara Indonesia yang dibagi menjadi 2 (dua) Flight Information Region (FIR), yaitu Jakarta FIR dan Ujung Pandang FIR. AirNav Indonesia memiliki delapan kantor cabang dan 18 kantor distrik di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Corporate Secretary Perum LPPNPI
Telepon : 021-5591 5000
Fax      : 021-5591 5100

***

comments powered by Disqus

Articles

HUT ke 5 AirNav Indonesia
13 Sep 2017

HUT ke 5 AirNav Indonesia "The Year of Service Qua...

Tangerang - Dirgahayu AirNav Indonesia ke-5 Tahun!!! Tepat hari ini Rabu 13 September 2017 AirNav Indonesia memperingati hari jadinya yang ke-5.
Read More

News

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gandeng LKPP
14 Apr 2016

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gan...

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk melakukan modernisasi sistem pengadaan barang/jasa.
Read More

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More