Articles

Minim Sarana Air Bersih di Tangerang, Airnav Sumbang Lima Waterwell

26 Feb, 2016

TANGERANG (25/02/2016) – Minimnya sarana dan prasarana air bersih di sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Tangerang, Banten, menggugah manajemen Perum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) untuk membangun fasilitas yang terbilang vital bagi kehidupan warga tersebut. Kemarin, Kamis, 25 Februari 2016, Bertempat di Pondok Pesantren Ummu Habibah, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten, BUMN yang dikenal dengan nama lain AirNav Indonesia tersebut meresmikan lima fasilitas air bersih multifungsi secara sekaligus.

”Fasilitas waterwell ini merupakan bagian dan Program Bina Lingkungan yang dilaksanakan oleh Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia. Ini bentuk nyata kepedulian perusahaan untuk mendukung kegiatan masyarakat yang membutuhkan ,” jelas Sekretaris Perusahaan Perum LPPNPI Air Suryadharma dalam sambutannya.

Ari memaparkan, selain lingkungan dengan keberadaan fasilitas penyedia air bersih yang minim, program waterwell juga dilaksanakan untuk mendukung aktivitas di lembaga-lembaga pendidikan yang membutuhkan. Sebelum program pembangunan fasilitas ini dilakukan, ada sejumlah proses yang dilalui  agar pemanfaatan fasilitas dapat secara optimal dirasakan oleh masyarakat.

”Ada tahapan seleksi dan survey kelayakan yang dilakukan oleh tim. Sebagai contoh, di Kelurahan Karangsari, Kota Tangerang, misalnya, kami menemukan masih adanya masyarakat yang memanfaatkan sungai untuk kebutuhan mandi dan mencuci. Lalu kami bangunkan satu unit waterwell yang lengkap di sana. Ada toilet, tempat mencuci, hingga tempat berwudhu,” jelas Ari Suryadharma.

Menurutnya, program serupa tidak hanya terfokus di Kota maupun Kabupaten Tangerang. Hal tersebut mengingat Perum LPPNPI sebagai badan usaha milik pemerintah diamanatkan untuk menjalankan program secara merata di seluruh wilayah kerja perusahaan.

Kendati baru memulai program PKBL di penghujung 2015, sebelumnya Perum LPPNPI juga telah menyelenggarakan beragam aksi sosial di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Antara lain meliputi khitanan massal, bantuan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pelestarian Sungai Cisadane, hingga pemberian bantuan modal kerja melalui Program Kemitraan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang tersebar di  Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

”Untuk diketahui, lingkungan kerja kami tidak hanya meliputi Kota maupun Kabupaten Tangerang, yang notabene berada dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta. Tetapi tersebar di seluruh Indonesia. Sementara di Soekarno-Hatta sendiri, Perum LPPNPI bukanlah satu-satunya BUMN yang melaksanakan kegiatan bisnisnya,” lanjut Ari.

Ari menyebutkan, biaya pelaksanaan pembangunan fasilitas air bersih dan pendukungnya yang dijalankan sejak 2015 itu mencapai kisaran Rp 90 juta per unit. Adapun kelima lokasi pembangunan waterwell yang dilaksanakan AirNav Indonesia meliputi :

1.    Nurul Hidayah, Kampung Golun, RT 01/011, Karangsari, Neglasari, Kota Tangerang;
2.    Jl. Al Munawar RT 01/01, Kelurahan Blendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang;
3.    Desa Pangkalan, RT 04/05, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang;
4.    Kampung Cayur RT 03/01, Desa Ranca Ilat, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang;
5.    Lebak Wangi RT 05/09, kecamatan Sepatan Timur.

Tentang AirNav Indonesia

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan. AirNav Indonesia mengelola seluruh ruang udara Indonesia yang dibagi menjadi 2 (dua) Flight Information Region (FIR), yaitu Jakarta FIR dan Ujung Pandang FIR. AirNav Indonesia memiliki delapan kantor cabang dan 18 kantor distrik di seluruh Indonesia.

Tangerang, 25 Februari 2016

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Corporate Secretary Perum LPPNPI
Telepon : 021-5591 5000 ext. 1130
Fax      : 021-5591 5100

***

comments powered by Disqus

Articles

ATSEP, siapa mereka?
22 Feb 2018

ATSEP, siapa mereka?

Sahabats ISAFE, Air Navigation Service Provider (ANSP) dalam beraktifitas sangat mengandalkan keberadaan beberapa tipe personil utama mereka. Keberadaan mereka sangat menentukan keberlangsungan ANSP, sebaliknya kelemahan atas kecukupan dan kompetensi mereka tentu saja akan sangat mempengaruhi kinerja aspek keselamatan ANSP tersebut. Artikel kali ini akan membahas salah satu dari mereka ini
Read More

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU dengan KOHANUDNAS
13 Feb 2018

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama mengenai koordinasi pertukaran data dan informasi penerbangan serta penegakan hukum di wilayah udara Indonesia dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS)
Read More

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYSTEM, SEBUAH PELAJARAN DARI PROCESS SAFETY *
09 Feb 2018

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYST...

Sahabat ISAFE, pernahkah kita mengukur berapa sih ongkos atau dampak dari suatu ketidak-cakapan bekerja atau professional incompetence yang akan diderita publik dan pelanggan, perusahaan atau bahkan diri kita sendiri? Kali ini kita akan mendiskusikan apa yang dimaksud dengan kecakapan dan ketidak cakapan, baik bagi individu dan juga perusahaan dan bagaimana pengelolaannya untuk membantu mencapai aspek keselamatan yang tinggi di industri yang rentan atas safety risk.
Read More

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA MUSTI TETAP WASPADA!
30 Jan 2018

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA M...

Dear sahabats ISAFE… bicara tentang aspek Safety tentu saja bukanlah konsumsi industry penerbangan, atau perhubungan saja. Kali ini kita akan membahas bagaimana aspek safety dikelola di industri non penerbangan.
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More