face-book instagram twi-tter youtube

Articles

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gandeng LKPP

14 Apr, 2016

 

JAKARTA - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk melakukan modernisasi sistem pengadaan barang/jasa. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama AirNav Indonesia, Bambang Tjahjono dan Kepala LKPP Agus Prabowo di Kantor Pusat LKPP, Jakarta, Rabu, 13 April 2016.

“Sebagai perusahaan yang baru berusia tiga tahun, AirNav Indonesia terus meningkatkan kualitasnya, termasuk dalam hal sistem pengadaan barang dan jasa. Karena itu kita menjalin kerjasama dengan LKPP yang merupakan lembaga Pemerintah yang bertugas untuk merumuskan serta mengembangkan kebijakan pengadaan barang / jasa di lingkungan pemerintahan,” ujar Bambang Tjahjono usai penandatanganan perjanjian kerjasama.

 

Disampaikan Bambang, sebagai lembaga penyelenggara navigasi penerbangan yang mengelola ruang udara Indonesia, AirNav memiliki tugas untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Karena itu, selain melakukan modernisasi peralatan navigasi, AirNav juga ingin memiliki sistem pengadaan yang modern. “Kerjasama ini bertujuan supaya sistem pengadaan barang/jasa di AirNav Indonesia menjadi modern, sederhana, cepat, namun patuh terhadap aturan,” jelas Bambang.

LKPP akan membantu AirNav Indonesia untuk menyusun kebijakan dan prosedur pengadaan barang dan/atau jasa, pengembangan serta pemanfaatan sistem pengadaan barang dan/atau jasa dan analisa kebutuhan organisasi pengadaan barang dan/atau jasa. Selain itu LKPP juga akan terlibat dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang pengadaan melalui pelatihan dan sertifikasi, serta melakukan pendampingan dalam proses pengadaan barang dan/atau jasa. Perjanjian ini memiliki jangka waktu selama dua tahun sejak Perjanjian ditandatangani.

Sementara itu, Kepala LKPP Agus Prabowo menyabut positif kerjasama dengan AirNav Indoesia. “Bisnis AirNav adalah safety dan teknologi, ini menjadi tantangan menarik bagi LKPP. Apalagi coverage AirNav adalah seluruh wilayah Indonesia,” ujar Agus dalam sambutannya. Agus juga mengingatkan, saat AirNav memodernisasi sistem pengadaan, pasti akan ada tantangan dari pihak-pihak yang terganggu. “Tapi tadi dalam perbincangan dengan Direktur Utama saya menemukan klik bahwa tantangan itu siap dihadapi AirNav dalam upaya melakukan reformasi pengadaan,” pungkasnya.

 

Tentang AirNav Indonesia

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan.

Tentang LKPP

LKPP merupakan Lembaga Pemerintah yang bertugas untuk merumuskan dan/atau mengembangkan kebijakan pengadaan barang dan/atau jasa di lingkungan pemerintahan Berdiri pada tanggal 6 Desember 2007, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2007. Dalam prakteknya LKPP berkedudukan sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden RI. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, LKPP di bawah koordinasi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Corporate Secretary Perum LPPNPI

Telepon : 021-5591 5000

Fax       : 021-5591 5100

comments powered by Disqus

Articles

Evaluasi Good Corporate Governance, BPKP Lakukan Asesmen Performa AirNav Indonesia
23 Mar 2017

Evaluasi Good Corporate Governance, BPKP Lakukan A...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) melakukan evaluasi terhadap performa good corporate governance pada tahun 2016
Read More

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Teknisi Penerbangan Perum LPPNPI Tahun 2017
20 Mar 2017

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Tek...

Pengumuman Rekrutmen Peserta Pemagangan Fungsi Teknisi Penerbangan Perum LPPNPI Tahun 2017
Read More

AirNav Indonesia Hadir untuk Negeri di Banjarmasin
17 Mar 2017

AirNav Indonesia Hadir untuk Negeri di Banjarmasin

Masih dalam satu rangkaian Program BUMN Hadir untuk Negeri dimana AirNav Indonesia mendapatkan kehormatan dan dipercaya oleh Kementerian BUMN menjadi PIC kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Selatan,
Read More

Teknologi ADS-B untuk Keselamatan & Efisiensi Penerbangan yang Lebih Baik
16 Mar 2017

Teknologi ADS-B untuk Keselamatan & Efisiensi Pene...

Bertempat di Kantor Pusat Perum LPPNPI pada Kamis pagi (15/03), AirNav Indonesia berkesempatan memberikan paparan terkait penggunaan ADS-B (Automatic Dependent Surveillance -Broadcast) sebagai salah satu alat navigasi yang digunakan di dunia penerbangan internasional.
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More