Articles

Internal IATCA Kukuhkan Pengurus Baru Periode 2016-2019

14 May, 2016

TANGERANG – Organisasi pemandu lalu lintas udara Indonesia atau yang dikenal dengan nama Indonesia Air Traffic Controllers Association (IATCA), mengukuhkan pengurus baru periode 2016-2019 di bawah kepemimpinan Suwandi. Prosesi pengukuhan kepengurusan baru IATCA tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat Perum LPPNPI (AirNav Indonesia), di Tangerang, Banten, Jumat, 13 Mei 2016.

Pendapukan Suwandi untuk menggantikan Ketua Umum IATCA sebelumnya, Muhammad Irsan, merupakan hasil Musyawarah Nasional VI IATCA yang digelar di Surabaya, 6-8 April 2016. Dalam kontestasi penjaringan Ketua Umum IATCA saat itu, Suwandi yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bidang Legal, terpilih dengan raihan sebanyak 83 suara. Suwandi mengalahkan Arief Widyantoro yang mendapatkan 67 suara. IATCA sendiri saat ini beranggotakan 1564 anggota yang tersebar di 36 cabang se-Indonesia.

Hadir dalam prosesi pengukuhan tersebut, Direktur Operasi Perum LPPNPI Wisnu Darjono, Direktur Safety Yurlis Hasibuan, serta Direktur Personalia dan Umum Rahadi Sulistyo. Dalam sambutannya, Wisnu Darjono berharap IATCA secara organisasi dapat bersinergi dengan manajemen Perum LPPNPI dalam menjalankan amanat sebagai BUMN yang bertanggung jawab dalam hal keselamatan penerbangan.

”Banyak hal yang dapat dilakukan secara bersama antara IATCA dan Perum LPPNPI. Salah satunya adalah mensosialisasikan serta mengedukasi mayarakat, khususnya tentang kegiatan pemanduan lalu lintas udara. Baik itu menyangkut prosedur, SOP, dan lain sebagainya. Hal ini dalam rangka mengantisipasi kekeliruan pandangan maupun pemahaman masyarakat yang awam tentang kegiatan ATC dan aturan mainnya,” jelas Wisnu Darjono.

Sejalan dengan itu, Suwandi dalam pidatonya menegaskan, IATCA sebagai organisasi profesi yang berada dalam lingkup perusahaan, dalam hal ini Perum LPPNPI, wajib membantu perusahaan dalam menata tujuan perusahaan yang lebih mapan dan tangguh dalam menyongsong kemajuan dunia penerbangan.

”Terpilihnya saya sebagai Ketua Umum IATCA bukanlah sebuah prestasi yang harus membuat saya berbangga diri dan mengusungkan dada. Karena ini adalah sebuah tanggung jawab yang sangat besar yang diamanatkan seluruh rekan-rekan ATC se-Indonesia, yang harus dapat saya emban dengan baik bersama para pengurus lainnya,” ungkap Suwandi dalam pidatonya.

Selain pengukuhan Suwandi sebagai Ketua Umum, pada kesempatan tersebut juga dikuhkan susunan kepengurusan lengkap Dewan Pengurus Pusat IATCA Periode 2016 - 2019 sebagai berikut :

Ketua Umum                                       : Suwandi

Sekretaris Jenderal                             : Wahyu Tirtaji

Bendahara Umum                              : Setio Anggoro

Ketua Bidang Profesional                   : Iwan Ardiansyah

Ketua Bidang Prosedur                       : I Nyoman Oka Wirana

Ketua Bidang Sosial                            : Muh. Ali Husein Bahweres

Ketua Bidang Humas & Publikasi       : Ahmad Izazi

comments powered by Disqus

Articles

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU dengan KOHANUDNAS
13 Feb 2018

Dukung Keamanan Penerbangan, AirNav Perpanjang MoU...

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama mengenai koordinasi pertukaran data dan informasi penerbangan serta penegakan hukum di wilayah udara Indonesia dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS)
Read More

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYSTEM, SEBUAH PELAJARAN DARI PROCESS SAFETY *
09 Feb 2018

KOMPETENSI KERJA, SERTA COMPETENCE MANAGEMENT SYST...

Sahabat ISAFE, pernahkah kita mengukur berapa sih ongkos atau dampak dari suatu ketidak-cakapan bekerja atau professional incompetence yang akan diderita publik dan pelanggan, perusahaan atau bahkan diri kita sendiri? Kali ini kita akan mendiskusikan apa yang dimaksud dengan kecakapan dan ketidak cakapan, baik bagi individu dan juga perusahaan dan bagaimana pengelolaannya untuk membantu mencapai aspek keselamatan yang tinggi di industri yang rentan atas safety risk.
Read More

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA MUSTI TETAP WASPADA!
30 Jan 2018

MELIRIK SAFETY DI INDUSTRI NON-PENERBANGAN, KITA M...

Dear sahabats ISAFE… bicara tentang aspek Safety tentu saja bukanlah konsumsi industry penerbangan, atau perhubungan saja. Kali ini kita akan membahas bagaimana aspek safety dikelola di industri non penerbangan.
Read More

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisasi Jalur Penerbangan Selatan Jawa
29 Jan 2018

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, AirNav Optimalisas...

TASIKMALAYA - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia mendukung program pemerintah dalam mengoptimalkan bandara-bandara di jalur selatan Jawa.
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More