Articles

Modernisasi Sistem Rekonsiliasi Keuangan, AirNav Indonesia Launching A-Care

14 Dec, 2016

TANGERANG - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau lebih dikenal dengan AirNav Indonesia meluncurkan Customer Relation Management (CRM) Portal yang diberi nama A-Care (AirNav Care). Portal ini dibuat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan AirNav kepada pengguna jasa. ”Portal ini merupakan salah satu wujud modernisasi sistem keuangan AirNav Indonesia dari yang dulu manual, sekarang melalui sistem online berbasis web. Tidak hanya untuk urusan pembayaran, portal ini AirNav juga akan menjadi sarana AirNav untuk menyampaikan informasi mengenai kinerja perusahaan kepada pengguna jasa kami,” ujar Direktur Utama AirNav Indonesia Bambang Tjahjono saat launching A-Care di Kantor Pusat AirNav Indonesia, Tangerang, Kamis (8/12).

Acara ini dihadiri maskapai domestik maupun internasional yang menggunakan layanan Airnav Indonesia. Direktur Keuangan AirNav Indonesia, Triyana menyampaikan, sebelumnya AirNav melakukan rekonsiliasi keuangan kepada maskapai secara manual. ”Di usia keempat ini, kami merubahnya menjadi sistem online. Jadi tidak perlu tatap muka lagi. Invoice akan kami sampaikan lewat sistem ini, status pembayaran juga dapat dipantau di sistem ini,” jelas Triyana.

Hal ini diperlukan sebab sejak mulai beroperasi di tahun 2013, jumlah pengguna jasa AirNav trerus meningkat. ”Tahun 2015 kita melayani 429 airlines, tahun ini 465. Itu terdiri dari penerbangan komersial berjadwal, private/charter, cargo, flying school dan military/government,” terang Triyana. Dari sisi traffic, jumlahnya juga terus meningkat dan telah mencapai 1 juta traffic di tahun 2015. ”Dan ini akan terus meningkat, kalau sistem keuangan antara AirNav dan pengguna jasa masih manual, tentu tidak efisien dan efektif. Melalui sistem ini, begitu pesawatnya selesai kita layani, tagihannya akan langsung masuk ke maskapai secara elektronik,” papar Triyana.

Dia menambahkan, portal ini juga akan menjadi sarana informasi dari perusahaan kepada maskapai. Seluruh progres kinerja perusahaan, program-program yang dilakukan akan ditampilkan di portal ini. ”Sebab sebagai perum yang menjalankan bussiness process dengan cost recovery, semua yang kami lakukan adalah untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, dalam hal ini pengguna jasa langsungnya adalah maskapai. Jadi lewat portal ini, maskapai akan mengetahui apa saja yang kami lakukan,” terangnya.

Tak hanya itu, ke depan pihaknya juga akan mengembangkan portal ini menjadi sarana komunikasi dua arah. ”Nantinya pengguna jasa akan bisa menyampaikan saran dan masukan untuk perusahaan. Kalau dari sisi safety sudah ada sistem EFFORT, dari sisi keuangan dan manajemen nanti bisa disampaikan di portal ini,” ujar Triyana. Maskapai dapat mengakses Customer Portal ini dalam link https://crm.airnavindonesia.co.id dan akan diberikan user id dan password.

comments powered by Disqus

Articles

AirNav Makassar Sambut Kemerdekaan RI Dengan Cara Unik
18 Aug 2017

AirNav Makassar Sambut Kemerdekaan RI Dengan Cara ...

Airnav Indonesia Kantor Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) Bandara Sultan Hasanuddin merayakan HUT RI ke 72 dengan cara dan kostum yang unik.
Read More

Peringati HUT RI Ke-72 BUMN Tebar CSR di Kalsel
18 Aug 2017

Peringati HUT RI Ke-72 BUMN Tebar CSR di Kalsel

BANJARBARU - Rangkaian program pengabdian masyarakat bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri 2017 di Kalsel berakhir sudah.
Read More

AirNav Meriahkan Sinergi BUMN di Kalimantan Selatan
17 Aug 2017

AirNav Meriahkan Sinergi BUMN di Kalimantan Selata...

BANJARMASIN – Suasana meriah dan penuh kekeluargaan tercermin dalam acara Jalan Sehat 5 Kilometer yang dilaksanakan oleh gabungan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan PIC AirNav Indonesia.
Read More

Wujudkan Layanan Navigasi Kelas Dunia, ATC Didorong Tingkatkan Kompetensi
09 Aug 2017

Wujudkan Layanan Navigasi Kelas Dunia, ATC Didoron...

BALI - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mendorong Air Traffic Controllers di Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi dalam mewujudkan layanan navigasi kelas dunia.
Read More

News

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gandeng LKPP
14 Apr 2016

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gan...

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk melakukan modernisasi sistem pengadaan barang/jasa.
Read More

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More