Articles

AIRNAV INDONESIA SIAPKAN PEAK SEASON LEBARAN 2017

15 May, 2017

Tangerang- AirNav Indonesia melakukan sejumlah persiapan menghadapi musim liburan dan mudik lebaran 2017. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah mengoptimalkan penerbangan di seluruh cabang AirNav Indonesia di Tanah Air. Antisipasi ini dilakukan jauh hari sebelum musim mudik lebaran tiba untuk memaksimalkan pelayanan AirNav Indonesia dalam melayani kepadatan pengaturan lalu lintas penerbangan, khususnya H-10 jelang lebaran dan H+11 setelah lebaran.

Langkah awal yang dilakukan AirNav Indonesia adalah dengan melakukan working group discussion dengan PT.Garuda Indonesia  pada rabu (10/4) bertempat di ruang OCC (Operation Control Center) PT.Garuda Indonesia. Dari hasil diskusi ini, AirNav Indonesia dan PT.Garuda Indonesia sepakat untuk membuat MoU dengan seluruh Airlines untuk meningkatkan displin dalam mengimplementasi slot penerbangan dengan menggunakan sistem aplikasi Chronos milik AirNav Indonesia. Hal ini juga ditegaskan oleh Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Didiet KS Radityo “AirNav Indonesia menginisiasi group discussion ini yang betujuan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas penerbangan dan kelancaran serta keamanan pelayanan navigasi penerbangan saat musim mudik lebaran tiba nanti” Ujarnya.

MoU ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Perhubungan akan pentingnya sinergi Air Navigation, Airlines dan Airport. Dengan kesepakatan mengenai kedisiplinan ini, diharapkan dapat meminimalisir delay atau keterlambatan dalam jadwal penerbangan, yang biasanya terjadi saat peak season, khususnya musim liburan dan mudik lebaran.

Sistem aplikasi Chronos adalah sistem aplikasi real slot yang dibuat oleh AirNav Indonesia, yang telah dilengkapi dengan Flight Approval (ijin rute) dan kini tengah dikembangkan peningkatan kualitasnya, dengan mengintegrasikannya ke sistem DAU terkait ijin rute, data E-Flight Plan, data cuaca dari BMKG, serta data surveillance.

Selain itu, AirNav Indonesia juga akan menyelenggarakan kegiatan Posko Pemantauan Pelayanan Navigasi Penerbangan untuk memastikan kelancaran pelayanan navigasi penerbangan dan tanggap darurat selama musim libur dan mudik Lebaran 2017. Posko ini akan dibuka di 35 cabang AirNav Indonesia, Kantor Pusat AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan dari H-11 hingga H+11 Lebaran 1437 H.

Selain untuk memastikan kelancaran arus penerbangan angkutan lebaran, Posko Mudik Lebaran AirNav Indonesia ini juga akan menyediakan informasi penerbangan, dan akan saling berkoordinasi dengan seluruh cabang AirNav di Indonesia untuk tanggap darurat yang berhubungan dengan operasional penerbangan. Dan untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan kelancaran pelayanan navigasi penerbangan di 35 Posko Mudik Lebaran ini, Lima Direktur AirNav Indonesia akan turun langsung memantau kegiatan posko ini, selama H-10 hingga H+11 usai Lebaran. Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Didiet KS Radityo menambahkan “ Seluruh Direksi AirNav Indonesia pun tidak libur selama lebaran nanti, karena telah dijadwalkan untuk memantau langsung kegiatan posko untuk memastikan kelancaran pelayanan navigasi yang kami lakukan, selama musim libur dan mudik lebaran nanti” pungkasnya. (TS/Humas)

comments powered by Disqus

Articles

Pengumuman Hasil Rekrutmen Teknisi Penerbangan Semester I Tahun 2017
19 May 2017

Pengumuman Hasil Rekrutmen Teknisi Penerbangan Sem...

Pengumuman Hasil Rekrutmen Teknisi Penerbangan Semester I Tahun 2017 Perum LPPNPI
Read More

Pengumuman Rekrutmen Internal Calon Peserta Pemagangan Tahun 2017
10 Apr 2017

Pengumuman Rekrutmen Internal Calon Peserta Pemaga...

Pengumuman Rekrutmen Internal Calon Peserta Pemagangan Tahun 2017
Read More

Mantan Atlet Kalsel Apresiasi BUMN Hadir untuk Negeri
27 Apr 2017

Mantan Atlet Kalsel Apresiasi BUMN Hadir untuk Neg...

Banjarmasin - Sedikitnya 15 mantan atlet nasional Provinsi Kalimantan Selatan mengapresiasi Program Pembinaan Mantan Atlet yang diselenggarakan oleh empat BUMN di provinsi tersebut, Kamis, 27 April 2017.
Read More

News

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gandeng LKPP
14 Apr 2016

Modernisasi Sistem Pengadaan, AirNav Indonesia Gan...

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk melakukan modernisasi sistem pengadaan barang/jasa.
Read More

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More