Kegiatan CSR

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


20 October 2016

Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) merupakan suatu bentuk kebijakan dan kegiatan yang diselenggarakan oleh setiap organisasi atau badan usaha dalam berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan serta menjadi salah satu aspek berkelanjutan bisnis Perusahaan.

Program pertanggungjawaban sosial perusahaan diharapkan dapat memberikan manfaat   yang    berkesinambungan  bagi semua pemangku kepentingan, manajemen,  karyawan,   pemerintah dan masyarakat sekitar. Selain itu, kami menyadari bahwa strategi berkelanjutan dari Perusahaan hanya dapat dicapai melalui kerjasama yang transparan dengan semua pemangku kepentingan. Program CSR oleh  BUMN diterapkan melalui pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Program Kemitraan adalah program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN. Unit PKBL melakukan fungsi perencanaan, pelaksanaan kegiatan (evaluasi usulan, penyaluran, penagihan, pelatihan, promosi dan lainnya) serta monitoring termasuk fungsi administrasi dan keuangan. Kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan jumlah dana yang dikelola, luas wilayah binaan dan jumlah mitra binaan serta mempertimbangkan kondisi perusahaan, sedangkan bentuk pelaksanaan di Kantor Cabang/Perwakilan disesuaikan dengan kebutuhan.

Bentuk dan Status Bantuan dan Pembinaan dalam Program Kemitraan sebagai berikut:

  1. Pinjaman untuk modal kerja dan atau pembelian aset tetap dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan.
  2. Pinjaman khusus untuk membiayai kebutuhan dana pelaksanaan kegiatan usaha Mitra Binaan yang bersifat pinjaman tambahan dan berjangka pendek dalam rangka memenuhi pesanan dari rekanan usaha Mitra Binaan.
  3. Beban Pembinaan

Program Bina Lingkungan BUMN Pembina sebagai berikut:

  1. Bantuan Korban Bencana Alam;
  2. Bantuan Pendidikan dan/atau Pelatihan;
  3. Bantuan Peningkatan Kesehatan;
  4. Bantuan Pengembangan Prasarana dan/ atau Sarana Umum;
  5. Bantuan Sarana Ibadah;
  6. Bantuan Pelestarian Alam;
  7. Bantuan Sosial Kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan;

Dasar Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

AirNav Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang seluruh modalnya berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan membawa misi pemerintah sebagai salah satu katalisator penggerak perekonomian nasional disamping usaha yang dilakukan pihak swasta, koperasi dan semua unsur penggerak sistem ekonomi di Indonesia. Adapun tujuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) adalah dalam rangka membantu percepatan pertumbuhan perekonomian nasional dengan cara mendorong pelaku ekonomi tingkat menengah dan kecil agar tidak terjadi kesenjangan, sehingga diharapkan akan dapat tercipta kemitraan yang sehat dengan Badan Usaha Milik Negara yang tujuan akhirnya adalah untuk kemakmuran masyarakat.

 

Pemerintah secara khusus telah mengatur tentang kebijakan PKBL bagi  BUMN melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor : PER-07/MBU/05/2015 Tentang Program Kemitraan  Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan dan  Tanggal  03  Juli 2015 dilakukan perubahan dengan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor : PER-09/ MBU/07/2015 Tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.



Back to CSR